Russell : Atomisme logis

            Teori tentang makna adalah gambar “Meaning is Picture “ merupakan salah satu teori tentang makna yang dikembangkan oleh Wittgenstein dalam bukunya  “Tractus Logico Philosophicus” (1922). Menurutnya, dunia ini dipenuhi oleh fakta-fakta, yang setiap fakta itu berhubungan dengan makna. Gambar sebagai fenomena di alam memiliki gambaran realitas. Dengan demikian, sebenarnya dunia ini dipenuhi dengan fakta-fakta, bukan oleh sesuatu.

            Menurut Hidayat (2006: 37) Wittgenstein  beranggapan bahwa semua tuturan manusia mengandung satu atau lebih proposisi elementer, yaitu proposisi yang tidak dapat dianalisis lagi (yang oleh Russell disebut dengan atomisme logis). Dikatakan lebih lanjut, proposisi elementer tersebut merujuk pada suatu keadaan (state of affairs) dalam realitasnya. Struktur (kalimat) dalam suatu proposisi memiliki relasi dengan struktur realitasnya, seperti gambar buah apel dengan buah apel itu sendiri. Baik teori atomisme logis yang dikemukakan oleh Russell maupun teori gambar  Wittgenstein ini sebenarnya merupakan dasar-dasar pengembangan ilmu semantik yang kemudian dikembangkan oleh Eugene Nida (1911-2011) menjadi kajian semantik leksikal, dan pragmatik yang kemudian dikembangkan oleh tokoh-tokoh pragmatik seperti Searle (1932), dan Austin (1911 – 1960)

            Meaning is use merupakan teori yang dikembangkan oleh Wittgenstein setelah ia kembali dari Austria (negara asalnya). Sekembalinya ia mengajar di Cambridge (1929), ia mendapatkan fakta bahwa bahasa tidak hanya menggambarkan fakta-fakta tetapi juga menggambarkan maksud penutur dan bagaimana bahasa itu digunakan. Bahkan ia menentang sendiri teori meaning is picture yang dikembangkannya. Ia cenderung menganggap bahasa itu memiliki beragam fungsi. Setiap situasi yang berbeda, fungsi bahasa yang digunakan juga berbeda yang oleh Wittgenstein disebut dengan language games. Dalam bukunya Philosophical Investigations (1986), Wittgenstein menyampaikan bahwa bahasa merupakan suatu permainan, seperti halnya permainan sepakbola dan permainan lainnya yang memiliki aturan yang khas.